Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Penting, Ketahui Beberapa Hal Mengenai Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Surat lamaran kerja adalah syarat mutlak untuk memperoleh “goal job” di perusahan atau tempat kerja yang Anda inginkan. Tak jarang masih banyak perusahan menyukai surat lamaran kerja yang ditulis tangan daripada ketikan komputer. Syarat mutlak ini berisi permohonan untuk menempati suatu jabatan yang Anda inginkan sesuai dengan skill dan minat Anda.

Alat yang Anda butuhkan cukup sederhana, hanya membutuhkan kertas HVS bergaris dan pulpen bertinta hitam. Anda langsung bisa menulis surat lamaran secara manual dengan alat tersebut. Akan tetapi tidak semua orang langsung bisa membuatnya sekali jadi. Adakalanya surat lamaran kerja tulisa tangan yang dibuat menjadi typo. Bisa salah tulis, kurang hurufnya, kelebihan hurufnya, tanda baca yang tidak lengkap, kebanyakan tipe-x, kebanyakan coretan, bekas tinta di mana-mana dan kesalahan-kesalahan lainnya.

Hal-hal di atas pastinya akan menjadi ketakutan tersendiri bagi Anda. Karena mau tidak mau Anda harus mengulang surat lamaran tulis tangan tersebut dari awal. Kenapa harus diulang? Ya supaya mendapatkan surat lamaran yang benar dan menambah nilai estetika. Gak mau kan surat lamaranmu ditolak hanya karena tampilannya yang tidak menarik? Berikut beberapa tips bagaimana cara “goal job” lewat tulisan tangan yang harus Anda perhatikan.

  • Pahami dahulu karakter perusahaan/ tempat kerja yang Anda inginkan sehingga Anda bisa menulis surat lamaran dengan mudah.
  • Lalu mulailah menulis dengan alat-alat yang sudah Anda persiapkan. Pilih kertas bergaris.
  • Atur margin agar tulisan terlihat rapi.
  • Menulislah dengan hati-hati. Atau Anda bisa menggunakan pensil terlebih dahulu untuk membuat kerangka surat agar meminimalisir kesalahan.
  • Gunakan bahasa yang baik dan benar.
  • Jangan lupakan struktur atau format surat lamaran yang terdiri dari tempat dan tanggal penulisan, nama dan alamat perusahaan tujuan, salam hormat, kata pengantar, biodata pribadi, skill dan pengalaman kerja, harapan, tulis data yang akan dilampirkan, penutup, dan nama terang pengirim.
  • Lengkapi dengan data lampiran yang dibutuhkan. Jika ada, sertakan juga sertifikat pengalaman kerja.
  • Usahakan lembar kertas rapi, bebas dari coretan dan tidak terlipat-lipat.

Keberhasilan seseorang “goal job” juga tidak terlepas dari penilaian perusahaan dan usaha Anda. Namun, beberapa tips di atas bisa jadi referensi Anda untuk membuat surat lamaran kerja dengan tulisan tangan dengan baik.

About: admin


shares